t f r
^

Tips Cek Kaki Kaki

Pertama :

Angkat bagian depan mobil dengan dongkrak (Jack) kalo punya dongkrak buaya lebih bagus kemudian letakan dua buah Stand Jack masing masing untuk bagian kiri dan kanan (seperti terlihat pada gambar dibawah ini).

Kedua :

Setelah prosedur pertama selesai putar stir kekanan sampai mentok untuk memeriksa kaki kaki bagian kanan. Kemudian gerakan ban kearah kanan lagi (lihat panah ) sambil diperhatikan apakah ada bagian yang ikut bergerak misalnya bagian sayap . Jika sayap ikut bergerak berarti karet bushing sudah minta ganti.

Perhatikan juga Ball Joint apakah bergerak-gerak juga. Jika ya kemungkinan Ball Joint sudah harus ganti juga. Untuk lebih meyakinkan lepaskan baut baut ball joint kemudian gerak gerakanlah, jika gerakannya sangat mudah berarti ball joint rusak, sebaliknya jika gerakannya agak sukar/seret berarti ball joint masih baik.

Lakukan sebaliknya untuk kaki kaki sebelah kiri.

Ketiga :

Pengecekan bearing roda pun bisa dilakukan pada keadaan ini, caranya luruskan roda dengan memutar stir, kemudian hidupkan mesin dan masukan gigi pada gigi 4 atau 5. pada saat ban berputar perhatikan dan dengarkan apakah ada bunyi-bunyian yang aneh misalkan seperti bunyi berderit atau bunyi metal bergesekan.(Bedakan antara bunyi disc brake dan bunyi yang lain). Jika suara suara itu ada kemungkinan bearing kekurangan grease (gemuk) atau malah ada bagian dari bantalan bola baja dari bearing yang sudah pecah.

Keempat :

Sementara roda masih berputar, putar-putar setir, perhatikan apakah ada bunyi-bunyian aneh dari drive shaft, jika ya kemungkinan kekurangan gemuk.

Kelima :

Jangan lupa untuk mengecek apakah karet-karet booth ada yang sobek, jika ya segeralah ganti untuk menghindari kerusakan yang lebih parah karena masuknya kotoran.

«
 
»

Share

1 comment to “Tips Cek Kaki Kaki”

Reply